Wednesday 18 December 2019

English Area, Honor Yourself By Speaking English




Judulnya buat keren-kerenan saja. Membaca di salah satu camp kursus b.inggris di Pare. Tulisan yang mantab.

Memang sudah biasa, banyak camp di Pare yang mewajibkan member camp untuk menggunakan bahasa inggris saat di english area. Bahkan terkadang ada sanksi “kejam”  bagi pelanggarnya.

Awal membaca tulisan tersebut, tersenyum saja. Tapi jujur bikin iri, sampai segitunya. Dan suasana  di camp pun ramai dengan obrolan berbahasa inggris, dan saya tambah diam seribu bahasa, tidak tahu harus ngomong apa.

Mengapa bikin iri? Membayangkan seandainya yang  banyak adalah arabic  area, pasti seru.

Seharusnya, jika muslim lebih semangat belajar bahasa arab. Karena bahasa arab adalah bahasa Alquran dan hadits, pedoman tertinggi seorang muslim. Bagaiman maksimal menjadikannya pedoman jika bahasanya tak dikuasai. Terutama bagi muslim yang bahasa induknya bukan bahasa arab.

Yang pasti, diabaikannya bahasa  arab adalah satu keberhasilan barat. Ada kesengajaan untuk membuat umat islammenjauh bahkan tak mengenal bahasa arab, minimal mengabaikannya. Setidaknya mereka berhasil membuat persepsi, yang  terpenting adalah belajar bahasa inggris, bukan bahasa arab. Ditambah dengan kelalaian umat islam dan keasyikan belajar bahasa selain arab, maka semakin sempurnalah bahasa arab jauh dari umat Islam.

 Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Qur'an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran? ( QS : Al  Qamar [54] : 17) 

Terus apa yang harus dilakukan? Ya belajar bahasa arab mulai sekarang. Bulatkan tekad, niatkan dan berdoa semoga istiqamah dalam belajar. Tidak harus setiap hari, tapi pastikan menyediakan waktu khusus untuk belajar. Jangan terbelenggu dengan stigma bahasa arab itu sulit, husnudzan belajar bahasa itu mudah, nikmati proses belajarnya. Untuk yang sudah mempunyai sedikit ilmu, amalkan dan ajarkan, insya Allah akan semakin lekat dalam ingatan.


Pare, 18 Desember 2019

No comments:

Post a Comment