Thursday 9 January 2020

Menyiapkan Putri Kita Menuju Masa Baligh : Siaga Haid Datang Kapan Saja.


Allah menciptakan manusia dalam sebaik-baik bentuk, Allah adalah Dzat Yang Maha Pencipta. Tidak hanya sekadar menciptakan Allah juga mendesain makhluknya dengan bentuk terbaik dan memberinya aturan-aturan yang tidak akan bisa dibuat manusia. Begitu juga dengan tubuh manusia, termasuk mengatur siklus haid pada wanita.

Haid bukanlah peristiwa yang tiba-tiba, namun ada rangkaian peristiwa lain yang menyertai, oleh karena itu dalam keadaan normal datangnya haid bisa diantisipasi. Tetapi terkadang banyak yang kurang peduli akhirnya tidak siap ketika haid datang. Untuk itu, salah satu upaya untuk mengantisipasi ketika haid datang terasa tiba-tiba adalah dengan menyiapkan beberapa perlengkapan. Terutama untuk anak remaja putri yang masih belum terbiasa dengan kondisi pra menstruasi. Perlengkapan standar yang selalu ada dalam tas agar tidak bingung setiap saat dibutuhkan.

Salah satu perlengkapan yang selalu ada di tas :.
1. Pouch , dompet kecil, pilih yang unyu-unyu biar ga malu bawanya
2. Pembalut biasa
3. Fresh liner
4. Tisu
5. Sabun cair
6. Minyak angin
7. Celana dalam
8. Plastik

Pembalut regular dan fresh liner untuk persiapan ketika haid awal sedang tidak berada di rumah, namun ini bagi yang haid awal hanya keluar darah sedikit atau sekadar noda, jika awal haid sudah banyak mengeluarkan darah maka yang disiapkan adalah pembalut ekstra large.

Sabun cair untuk menghilangkan bau amis darah baik di tangan maupun dalam kamar mandi, plastic untuk mengamankan celana dalam yang terkena noda maupun pembalut habis pakai, biasakan anak menjaga kesucian dari barang najis, membiasakan untuk menjaga kebersiahan.

Minyak angin untuk mengantisipasi perut yang tidak nyaman di awal haid.

Itulah beberapa perlengkapan yang sebaiknya ada di dalam tas, siap dibawa kemana saja. Jika tidak dibutuhkan sendiri bisa juga diberikan orang lain yang sedang membutuhkan.


No comments:

Post a Comment