Friday 22 May 2015

Pemanfaatan Tumbuhan Obat Alami 3

Daun sambiloto (Andrographis paniculata)

Kencing manis
Daun sambiloto1/2 genggam dicuci bersih, lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai menjadi sekitar 2 1/4 gelas. Ramuan di dinginkan dan di saring. Diminum sehabis makan, 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.

Demam
Satu genggam daun sambiloto di cuci bersih, kemudian ditumbuk dan tambahkan 1/2 cangkir air matang. Campuran di saring lalu di minum sekaligus. Sisa hasil penyaringan daun sambiloto bisa digunakan sebagai tapal untuk meringankan demam.

Influenza dan sakit kepala
1 g serbuk kering daun sambiloto diseduh dengan air panas satu cangkir atau secukupnya. Biarkan sampai menjadi dingin barundi minum, lakukan 3-4 kali sehari.

Disentri, diare, radang saluran napas, radang paru
Herba kering daun sambiloto sebanyak 9-15 g di tambahkan air sebanyak 3 gelas, kemudian direbus sampai tersisa 1 gelas. Air rebusan kemudian di saring dan di minum sehari 2 kali, masing-masing sebanyak 1/2 gelas.

Darah tinggi dan batuk rejan
5-7 Lembar daun sambiloto segar, di cuci bersih, kemudiaan di seduh dengan 1/2 cangkir air panas. Tambahkan madu secukupnya dan diaduk sampai merata.. Setelah dingin baru di minum. Lakukan 3 kali sehari.


Buah delima (Punica granatum)

Cacingan
Kulitdelima kering dan serbuk biji pinang (masing-masing 15 g) direbus dengan tiga gelas air bersih.Didihkan secara perlahan-lahan selama satu jam. Setelah dingin lalu di saring dan di minum sekaligus sebelum makan pagi.

Luka
Campurkan serbuk kulit buah atau bunga delima secukupnya dengan minyak wijen.Aduk sampai merata, lalu di oleskan pada bagian yang luka.

Sariawan
Dua buah delima segar yang sudah masak di ambil isi berikut bijinya, lalu di tumbuk sampai halus.Tambahkan satu gelas air matang sambil diaduk merata, lalu di saring. Ramuan di gunakan untuk
berkumur dan di telan Lakukan 2--3 kali sehari, sampai sembuh.

Batuk sudah berlangsung lama
Buah delima yang belum terlalu masak di belah dan di kunyah, lalu bijinya. Dibuang. Lakukan setiap malam sebelum tidur

Suara serak, tenggorokan kering
Buah delima segar di belah dan ambil isinya. Kunyah, lalu buang bijinya. Lakukan 2--3 kali sehari.


Sumber : Teknologi Pascapanen Tanaman Obat - Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian

No comments:

Post a Comment