Wednesday 19 February 2020

Tentang Wortel


Curcol dulu tentang wortel, dahulu mendampingi orang tua opname di RS. Sakit dengan salah satu rekomendasi mengatur menu makanan, wajib diet. Selama di RS benar-benar memperhatikan menu yang diberikan kepada pasien, ada salah satu bahan yang hampir selalu ada, wortel. Sup, sayur asem, soto, lodeh seringkali ada wortel yang tak pernah absen. Menyimpulkan sendiri, berarti wortel rekomended, aman. Setelah keluar RS diberi daftar menu harian, lumayan membantu biar tidak pusing mau masak apa, sekaligus tetap sesuai dengan kebutuhan. Karena memang wajib diet. Hikmahnya, semoga mengingat untuk makan makanan yang halal dan thayyib, tidak asal kenyang. Namun apalah daya, memang tak semua bisa mengatur menu makanan, terkadang masih banyak yang tak peduli, jangankan mikir menu, bisa makan saja sudah alhamdulillah luar biasa.

Dan nyatanya, wortel memang cocok untuk dimasak apa saja. Oseng, tumis, sup, soto, sayur asem, direbus saja dicolek ke sambel, campuran rolade, nugget, ditambah ke mie, isian tahu-pastel-resoles-lumpia-arem-arem, acar, manisan, kimci dan sebagainya. Silakan coba. Memang ada sedikit perbedaan perlakuan dan irisan. Dari segi rasa wortel juga tidak terlalu khas, dengan irisan yang kreatif dan lucu, insya Allah anak kecil tambah suka. Sekalian buat cerita pas menyuapi, iris wortel dengan bentuk bunga, lingkaran, segi empat, segi tiga, memanjang dst, biar ada bahan ngecipris saat menyuapi, biar anak focus makan dan lumayan memberi informasi, ngerti ga ngerti yang penting kasih informasi yang baik dan anak juga tertarik serta tahu makanan yang dia makan.

Berdasar pengalaman, ada tips seputar wortel :
1.       Menyimpan wortel : kupas wortel, cuci bersih, biarkan kering, pastikan air tidak menggenang, buang bagian yang berpotensi busuk. Setelah kering baru ditempatkan di tempat tertutup yang kering juga, baru dimasukkan ke kulkas. Dengan cara ini wortel agak lebih awet, dan saat akan mengolah tinggal potong saja.
2.       Akan memasak : jika wortel dari kulkas dan tersimpan lama maka bagian luar wortel seperti kering, maka bisa direndam air dingin sebentar sebelum diiris. Sebelum dimasak memang sebaiknya dibiarkan sebentar, jika langsung masuk masakan kemungkinan lama lunaknya dan teksturnya kaku.
3.       Saat merebus : di antara banyak sayuran, wortel terkategori keras dan tidak cepat lunak. Terkadang wortel adalah bahan yang pertama masuk agar lunak dahulu. Ketika air mendidih tambahkan sedikit garam ke air, baru masukkan wortel. Dengan menambahkan sedikit garam warna wortel akan tetap jingga cerah merona.

4.       Selain direbus untuk sayur wortel juga bisa dimasak dengan sistem kukus, bisa untuk dicolek ke saus atau sambal atau bisa dimakan langsung, jika dimakan langsung agar tidak hambar saat mengukus bisa ditaburi garam, merica bubuk, pala, ketumbar atau irisan bawang putih. Rasa wortel akan lebih gurih.

No comments:

Post a Comment