Tuesday 1 May 2018

Buruh Juga Manusia

Tulisan 8 tahun yang lalu, saat koran punya kolom surat pembaca bukan sebatas pengaduan, tp bs juga berupa tulisan singkat.

Analisisnya belum mendalam, fakta jg sdh berbeda, dahulu mslh buruh hanya berhadapan dg para pemilik modal d dlm negeri. Saat ini permasalahan bertambah dg semakin menguatnya penjajahan atas nama investasi, juga pekerja asing. Artinya buruh akan terus dlm masalah selama tdk ada perubahan sistemik. Tinggalkan kapitalisme tegakkan #Khilafah karena #KhilafahAjaranIslam

/Buruh Juga Manusia/

Sudah menjadi tradisi, peringatan hari buruh senantiasa diwarnai dengan demo buruh. Tuntutan mereka pun tak berubah, masalah peningkatan kesejahteraan buruh. Memang sebuah tuntutan yang patut diperjuangkan mengingat nasib mereka yang selalu tak pernah membaik akibat ulah pengusaha nakal yang hanya memikirkan keuntungan pribadinya. Buruh juga manusia, mereka harus bertahan hidup dan menafkahi keluarga. Pengusaha juga demikian. Tapi sungguh ironis nasib buruh saat ini mereka bekerja keras memeras keringat dan membanting tulang, sedangkan bos-bos merekalah yang menikmati hasilnya. Tak heran, inilah akibat diterapkannya sistem kapitalis di negeri ini, yang kaya akan berkuasa.

Sebuah realita yang bertentangan dengan pandangan Islam. Dalam Islam, haram hukumnya menunda pembayaran pekerja dan mendholimi pekerja. Karena Rasulullah saw telah memberi tuntunan kepada kita untuk menggaji pekerja sebelum keringat mereka mengering dan memberi upah yang layak untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka.

Akhirnya, untuk saudaraku para pekerja jangan pantang menyerah mencari nafkah yang halal. Untuk saudaraku pengusaha tunaikanlah kewajibanmu, untuk pemimpin negara perhatikan nasib buruh dan seluruh rakyat karena mereka adalah tanggung jawabmu. Dan untuk masyarakat Indonesia ayo tinggalkan sistem kapitalis terapkan aturan Islam niscaya kebahagiaan dunia dan akhirat ada dalam genggaman kita.

Pengirim :
Nur Aini  Pare

No comments:

Post a Comment