Wednesday, 9 May 2018

Jangan Takut Bicara Khilafah



Dugaan awal saya meleset, jauh hari saya menduga putusan PTUN akan memenangkan HTI, bukan karena lemahnya argument dari pemerintah, tapi menurut saya pemerintah tidak akan berani ambil resiko terlalu besar dengan “mengorbankan” HTI dan mempertaruhkan citra menuju 2019. Tapi ternyata pemerintah ambil langkah tanpa pikir panjang ke depan. Membendung dakwah itu resiko yang sangat berat, karena hukum alam  aktivitas dakwah itu ketika dihambat maka gerakannya akan semakin kuat. Pemerintah terlalu naïf dengan resiko ini. Tapi ya sudahlah, mau ditolak atau diterima gugatan HTI di PTUN tidak berpengaruh pada dakwah, malah tambah semangat.

Namun sedikit menyesali salah satu pertimbangan ditolaknya gugatan HTI adalah karena menyebarkan pemahaman tentang syariah dan khilafah. Pertimbangan yang menurut saya sangat tidak masuk akal. Syariah adalah jalan hidup seorang muslim, masak tidak boleh disampaikan? Khilafah adalah ajaran Islam masak diklaim sebagai kejahatan? Dengan pertimbangan ini bisa jadi tujuannya akan semakin membuat orang takut ngomongin khilafah. Tapi masak iya sih ga boleh ngomong khilafah?

Sudahlah, tak perlu mikir yang tidak-tidak, santai saja. Tetap sampaikan khilafah, jangan takut bicara khilafah. Harusnya tambah belajar seluk-beluk khilafah, karena setelah ini khilafah pasti dijadikan topic bahasan meski hanya sebatas ejekan.

Berikut ini bukti bahwa tidak mungkin tidak ngomong khilafah, dan bagi yang berpikir mendalam masak mau menelikung tidak ngomong khilafah ketika membahas materi ini. Kecuali jika ada revisi kurikulum lagi, maka jadilah kurikulum negeri GeJe tingkat dewa.

Memang ada perbedaan mencolok di K13 dan KTSP, di K13 materi Khalifah Abu Bakar Ash Shidiq  dan Umar bin Khattab tidak ada, langsung ke profil Khalifah Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhum. Yang pertama saya ambilkan indikator pencapaian (KTSP) dan yang kedua ambil RPP. Tidak sama-sama ambil dari RPP karena ada perbedaan sistematika RPP KTSP dengan K13.

Dari dua hal di bawah, meski se –kuper-kupernya, se-liberal-liberalnya guru pasti masih akan menjelaskan poin-poin indikator pencapaian, insya Allah tidak akan korupsi materi. Tidak mungkin menjelek-jelekkan khulafa’ur rasyidin . Kecuali kalo sudah komitmen jadi antek iblis di neraka, saya berlepas diri dari guru yang demikian, dan sepanjang jadi guru setidaknya belum pernah menjumpai guru model ini. Forum resmi guru yang pernah saya ikuti Bimtek K13 guru MI tingkat provinsi Jatim, yang non formal ketemu guru nasional adalah sewaktu mendampingi siswa ikut Final Fachruddin Ar Razi Competition (FRC) di GOR Ciracas Jaktim, meski tidak satu persatu ngobrol insya Allah sepanjang mengobrol dengan para guru semuanya hanif.

Dan meski kelak materi-materi tersebut di revisi, insya Allah masih banyak buku, kitab yang membahas tentang khilafah. Dan selamanya tetap akan ada, tidak mungkin dihapus, karena khilafah adalah ajaran Islam. Jadi percaya dirilah, jangan takut, semangatlah menyampaikan khilafah. Yakinlah, menyampaikan khilafah semata lillah akan mengumpulkan kita dengan orang-orang saleh di akhirat kelak karena ini adalah jalan yang benar. 



Indikator Pencapaian Kompetensi  dari Standar Kompetensi : Mengenal sejarah khalifah Abu Bakar as-Shiddiq (SKI Kelas 6 Sem I KTSP)

·     Menyebutkan pengertian khulafaurrasyidin secara bahasa
·     Mengonstruksi pengertian khulafaurrasyidin secara istilah
·     Membedakan tugas khulafaurasyidin sebagai kepala negara dan pemimpin umat
·     Menjelaskan bahwa tugas kenabian Nabi Muhammad Saw bukan tugas khulafaurrasyidin
·      Menyebutkan nama ayah dan ibu Abu Bakar
·      Menyebutkan asal suku/ klan/ bani Abu Bakar
·      Menentukan pertemuan nasab Abu Bakar dengan Nabi Muhammad Saw
·      Menyebutkan karakter sifat Abu Bakar yang menonjol
·      Menjelaskan keahlian/ pekerjaan Abu Bakar
·      Menceritakan sifat luhur Abu Bakar terhadap sesama
·      Menceritakan kisah Abu Bakar sebagai assabiqunal awwalun
·      Mengungkapkan penderitaan Abu Bakar dalam berdakwah
·      Menyebutkan nama-nama tokoh yang masuk Islam atas ajakan Abu Bakar
·      Menunjukkan sikap/ perilaku kesabaran Abu Bakar dalam berdakwah
·      Menjelaskan kepedulian Abu Bakar dalam pembebasan budak
·      Menyebutkan nama-nama budak yang dibebaskan oleh Abu Bakar
·      Menjelaskan keyakinan Abu Bakar dalam peristiwa Isra’-Mi’roj
·      Menjelaskan alasan Abu Bakar mendapat sebutan As-shiddiq
·      Menjelaskan langkah-langkah khalifah Abu Bakar dalam menyadarkan nabi palsu
·      Menyebutkan nama-nama tokoh nabi palsu
·      Menjelaskan langkah-langkah khalifah Abu Bakar dalam menyadarkan kaum murtad
·      Menyebutkan para sahabat yang ditugaskan khalifah Abu Bakar untuk menyadarkan kaum murtad
·      Menjelaskan alasan-alasan kaum ingkar zakat tidak mau menunaikan kewajiban berzakat
·      Menjelaskan langkah-langkah khalifah Abu Bakar dalam menyadarkan kaum ingkar zakat
·      Menjelaskan latar belakang khalifah Abu Bakar melakukan pembukuan al-Qur’an
·      Melaporkan hasil pembukuan al-Qur’an yang dilakukan oleh khalifah Abu Bakar
·      Menjelaskan latarbelakang perintisan dakwah Islam di Persia dan Syiria
·      Menceritakan pelaksanaan dakwah Islam ke Persia
·      Menceritakan pelaksanaan dakwah Islam ke Syiria
·      Menunjukkan sikap/ perilaku keteguhan memegang amanah dalam segala hal
·      Membiasakan meneladani Abu Bakar yang selalu bermusyawarah dalam setiap mengambil keputusan penting




Saya ambilkan salah satu RPP Mapel SKI kelas 6 (K13), poin A sampai E saja, seterusnya tentang Metode Pembelajaran dll sengaja tidak saya cantumkan biar ga bikin pusing, lagian ga butuh juga kan, (emang mau ngajar di kelas):

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah            :   -
Mata Pelajaran          :   Sejarah Kebudayaan Islam
Pelajaran                    :   1
Tema                           :   Khalifah Utsman bin Affan
Subtema                     :   Riwayat Hidup dan Silsilah Utsman bin Affan
Pertemuan ke                        :   1
Kelas/Semester          :    6/I
AlokasiWaktu            :    2 x 35 menit ( 1 x pertemuan )


A.     Kompetensi Inti (KI)
KI-1.  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI-3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI-4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis,dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang pencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.      Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Meyakini kebenaran sejarah kekhalifahan khalifah Utsman bin Affan.
1.2    Mengamalkan nilai-nilai kesalehan dari khalifah Utsman bin Affan.
2.1    Membiasakan bersikap positif sebagai implementasi dari pemahaman tentang sejarah kekhalifan khalifah Utsman bin Affan.
2.2    Meneladani kepribadian Khalifah Utsman bin Affan dalam kehidupan sehari-hari.
3.1    Memahami sejarah kekhalifahan Khalifah Utsman bin Affan.
3.2    Mengetahui contoh nilai-nilai positif dari khalifah Utsman bin Affan.
4.1    Mempresentasikan sejarah kekhalifahaan khalifah Utsman bin Affan.
4.2    Menceritakan kepribadian Utsman bin Affan dan perjuangannya dalam dakwah Islam.


C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
Peserta didik mampu :
1.      Menunjukkan sikap meyakini kebenaran sejarah kekhalifahan khalifah Utsman bin Affan.
2.      Menceritakan sejarah kekhalifahaan khalifah Utsman bin Affan dengan bahasa sendiri di depan kelas.
3.      Mendefinisikan kepribadian Utsman bin Affan dan perjuangannya dalam dakwah Islam.

D.     Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasi peserta didik mampu :
1.      Menunjukkan sikap meyakini kebenaran sejarah kekhalifahan khalifah Utsman bin Affan.
2.      Menceritakan sejarah kekhalifahaan khalifah Utsman bin Affan dengan bahasa sendiri di depan kelas.
3.      Mendefinisikan kepribadian Utsman bin Affan dan perjuangannya dalam dakwah Islam.

E.      Materi Pembelajaran
Riwayat dan Silsilah Utsman bin Affan
Usman bin Affan adalah khalifah ketiga dari Khulafaurrasyidin. Ia lahir pada tahun 574 M dan wafat pada tahun 656 M. Masa pemerintahannya berlangsung selama 12 tahun, yaitu dari tahun 644 M—656 M. Usman bin Affan dijuluki sebagai Dzun Nurain (yang memiliki dua cahaya, karena menikahi dua putri Rasulullah Saw.).

No comments:

Post a Comment