Tuesday 5 September 2017

PR Menulis



Keterangan gambar (yang tidak ada hubungannya dengan tulisan) : Sari kedelai pemberian siswa. Bukan pertama kali diberi siswa, ada yang memberi sebuah jeruk, segenggam biscuit , sekotak nasi dsb. Padahal terkadang ngomel-ngomel sambil marah, saking juteknya dengan kelakuan mereka. Meski diceramahi dan sesekali dimarahi dengan polosnya maju ke meja guru : “ Bu, niki biscuit” , “Bu, saya kasih sari dele mau?”

Dahulu ketika SMA, salah seorang guru sejarah seringkali memberi tugas menyalin materi di buku, menulis tangan, sekali memberi tugas langsung berlembar-lembar, capek. Tapi secara pribadi lebih suka nulis saja, daripada mendengarkan cerita panjang lebar tentang sejarah. Bisa-bisa tidur pulas, membosankan. Lebih nikmat membaca sendiri. Setidaknya dengan menulis/menyalin otomatis didahului dengan membaca. 

Dan sekarang pun juga menerapkan cara yang sama untuk murid di sekolah, lebih sering memberi tugas menulis. Bukan karena malas menjelaskan, namun tipikal siswa yang masih perlu dilatih daya konsentrasi untuk mencerna materi yang dijelaskan. Sudah menerangkan ngalor ngidul ngetan ngulon,nggedabrus, jebulane sing diterangke gak ngerti babar pisan. Dan sesekali memberi PR menulis. 

Menerangkan secara singkat, meminta siswa menandai materi-materi penting yang harus dicatat. Memberi kesempatan siswa mencatat, baru memberi penjelasan tambahan. Lumayan, lebih bisa connect daripada tanpa pendahuluan menulis.

Menulis, apalagi dalam rangka meringkas materi, bisa menyelam sambil minum air. Menulis sekaligus membaca. Dan terkadang menulis tangan adalah cara yang ampuh untuk mengingat apa yang telah dibaca, rasanya berbeda dengan mengetik. Jadi jangan menganggap remeh aktivitas menulis (tangan). 
Katakanlah: Sekiranya lautan menjadi tinta untuk kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (TQS Al Kahfi 109).

Mari terus menulis (tangan) dan membuat tulisan. 




No comments:

Post a Comment