Khilafah adalah ajaran Islam, jauh hari sebelum
mengkaji kitab Daulah Islamiyah saya sudah terlebih dahulu pernah mengajarkan
tentang khilafah di kelas 6, memang
untuk saat ini dalam kurikulum K13 sudah dihilangkan, hanya sebatas mengenal profil
Utsman bin Affan ra dan Ali bin Abi
Thalib ra saja. Memang ada kesengajaan menghilangkan materi khilafah dalam
pelajaran.
Padahal standar isi kurikulum itu berdasarkan
Permen, lha kalo khilafah bukan ajaran Islam masak menteri agama pada waktu itu
mengajarkan yang bukan dari Islam ?
Ini lho SK, KD dan Indikator SKI Kelas 6 semester
I KTSP. Gamblang kan bahas tentang
khilafah ( jika menganggap khilafah hanya 30 tahun saja #YukNgaji)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR
PELAJARAN SEJARAH
KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VI SEMESTER I KTSP
1. Mengenal sejarah khalifah Abu
Bakar as-Shiddiq
1.1 Menjelaskan arti dan tugas
khulafaurrasyidin
Ø Menyebutkan pengertian khulafaurrasyidin secara bahasa
Ø Mengonstruksi pengertian khulafaurrasyidin secara istilah
Ø Membedakan tugas khulafaurasyidin sebagai kepala negara dan pemimpin umat
Ø Menjelaskan bahwa tugas kenabian Nabi Muhammad Saw bukan tugas
khulafaurrasyidin
1.2 Menceritakan silsilah, kepribadian Abu Bakar
as-Shiddiq dan perjuangannya dalam dakwah Islam.
Ø Menyebutkan nama ayah dan ibu Abu Bakar
Ø Menyebutkan asal suku/ klan/ bani Abu Bakar
Ø Menentukan pertemuan nasab Abu Bakar dengan Nabi Muhammad Saw
Ø Menyebutkan karakter sifat Abu Bakar yang menonjol
Ø Menjelaskan keahlian/ pekerjaan Abu Bakar
Ø Menceritakan sifat luhur Abu Bakar terhadap sesama
Ø Menceritakan kisah Abu Bakar sebagai assabiqunal awwalun
Ø Mengungkapkan penderitaan Abu Bakar dalam berdakwah
Ø Menyebutkan nama-nama tokoh yang masuk Islam atas ajakan Abu Bakar
Ø Menunjukkan sikap/ perilaku kesabaran Abu Bakar dalam berdakwah
1.3 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai
positif dari kholifah
Abu Bakar as-Shiddiq.
Ø Menjelaskan kepedulian Abu Bakar dalam pembebasan budak
Ø Menyebutkan nama-nama budak yang dibebaskan oleh Abu Bakar
Ø Menjelaskan keyakinan Abu Bakar dalam peristiwa Isra’-Mi’roj
Ø Menjelaskan alasan Abu Bakar mendapat sebutan As-shiddiq
Ø Menjelaskan langkah-langkah khalifah Abu Bakar dalam menyadarkan nabi
palsu
Ø Menyebutkan nama-nama tokoh nabi palsu
Ø Menjelaskan langkah-langkah khalifah Abu Bakar dalam menyadarkan kaum
murtad
Ø Menyebutkan para sahabat yang ditugaskan khalifah Abu Bakar untuk
menyadarkan kaum murtad
Ø Menjelaskan alasan-alasan kaum ingkar zakat tidak mau menunaikan
kewajiban berzakat
Ø Menjelaskan langkah-langkah khalifah Abu Bakar dalam menyadarkan kaum ingkar
zakat
Ø Menjelaskan latar belakang khalifah Abu Bakar melakukan pembukuan
al-Qur’an
Ø Melaporkan hasil pembukuan al-Qur’an yang dilakukan oleh khalifah Abu
Bakar
Ø Menjelaskan latarbelakang perintisan dakwah Islam di Persia dan Syiria
Ø Menceritakan pelaksanaan dakwah Islam ke Persia
Ø Menceritakan pelaksanaan dakwah Islam ke Syiria
1.1
Meneladani nilai-nilai
positif dari kekholifahan Abu Bakar
As Siddiq
Ø Menunjukkan sikap/ perilaku keteguhan memegang amanah dalam segala hal
Ø Membiasakan meneladani Abu Bakar yang selalu bermusyawarah dalam setiap
mengambil keputusan penting
2. Mengenal sejarah khalifah Umar bin Khottob
2.1 Menceritakan silsilah, kepribadian Umar bin
Khottob dan perjuangannya dalam dakwah Islam.
Ø Menyebutkan nama ayah dan ibu Umar bin Khottob
Ø Menyebutkan asal suku/ klan/ bani Umar bin Khottob
Ø Menentukan pertemuan nasab Umar bin Khottob dengan Nabi Muhammad Saw
Ø Menyebutkan karakter sifat Umar bin Khottob
Ø Menyebutkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki Umar bin Khottob
Ø Menjelaskan kedudukan Umar bin Khottob dalam masyarakat kafir Quraisy
Ø Menceritakan kisah masuk Islamnya Umar bin Khottob
Ø Menceritakan perjuangan Umar bin Khattab setelah masuk Islam, yaitu
menjadi pembela nabi/ pembela kaum yang tertindas
Ø Menunjukkan sikap/ perilaku membela aqidah Islam dengan berani dan
tegas
2.2
Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari kholifah Umar bin
Khottob.
Ø Menjelaskan latar belakang dibentuknya lembaga negara
Ø Menyebutkan lembaga-lembaga Negara yang dibentuk khalifah Umar bin
Khattab
Ø Menyebutkan fungsi-fungsi lembaga Negara yang dibentuk kholifah Umar
bin Khottob
Ø Menjelaskan latar belakang ditetapkan kalender Islam
Ø Menjelaskan alasan-alasan hijrah nabi ke Yatsrib dijadikan sebagai
dasar penghitungan kalender Islam
Ø Menyebutkan sahabat yang mengusulkan hijrah nabi ke Yatsrib ditetapkan
sebagai awal penghitungan kalender Islam
Ø Menceritakan kepedulian khalifah Umar bin Khottob kepada rakyatnya
Ø Menjelaskan sikap khalifah Umar bin Khottob membela kaum lemah
Ø Menunjukkan sikap/ perilaku peduli terhadap sesama, terutama pada kaum
lemah
Ø Memberi contoh ketegasan Umar dalam berdakwah
Ø Memberi contoh keberanian khalifah Umar dalam memberantas kebatilan
terhadap siapapun
Ø Menunjukkan sikap/ perilaku keberanian menyampaikan hal yang benar sekalipun
terasa pahit/ menyedihkan
Ø Menyebutkan nama-nama sahabat yang yang ditugaskan berdakwah di Persia
Ø Menceritakan peristiwa terjadinya Fathul Futuh (kemenangan terbesar)
dalam berdakwah di Persia
2.3
Meneladani nilai-nilai positif dari kekholifahan Umar bin
Khottob
Ø Meneladani sifat keberanian khalifah Umar bin Khottob dalam memberantas
kebatilan
Ø Menunjukkan sikap/ perilaku sederhana (wara’) dalam kehidupan
sehari-hari
3. Mengenal sejarah
khalifah Utsman bin Affan
3.1 Menceritakan silsilah, kepribadian Utsman
bin Affan dan perjuangannya dalam dakwah Islam.
Ø Menyebutkan nama ayah dan ibu Utsman bin Affan
Ø Menyebutkan asal suku/ klan/ bani Utsman bin Affan
Ø Menentukan pertemuan nasab Utsman bin Affan dengan Nabi Muhammad Saw
Ø Menyebutkan karakter sifat Utsman bin Affan
Ø Menyebutkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki Utsman bin Affan
Ø Menjelaskan kedudukan Utsman bin Affan dalam masyarakat kafir Quraisy
Ø Menceritakan Utsman bin Affan menerima Islam
Ø Menceritakan penderitaan Utsman disiksa pamannya (Hakam bin Ash)
mempertahankan aqidah Islam
Ø Menceritakan pengorbanan Utsman bin Affan dalam dakwah Islam
3.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai
positif dari kholifah Utsman bin Affan.
Ø Menceritakan kedermawanan Utsman bin Affan dalam mendukung dakwah Islam
Ø Menyebutkan contoh-contoh kedermawanan
Ø Menjelaskan latar belakang dibentuknya armada laut Islam
Ø Menyebutkan sahabat yang mengusulkan pembentukan armada laut Islam
Ø Menjelaskan latar belakang dakwah Islam di Eropa (Pulau Cyprus)
Ø Menceritakan pelaksanaan dakwah di Eropa (Pulau Cyprus)
Ø Menjelaskan kebijakan khalifah Utsman bin Affan dalam membangun gedung
peradilan
Ø Menyebutkan nama-nama sahabat yang bertindak sebagai mufti (hakim)
Ø Menjelaskan latar belakang dilakukan penyempurnaan/ penggandaan mushaf
al-Qur’an
Ø Menyebutkan para sahabat yang berperan dalam penyempurnaan/ penggandaan
mushaf al Qur’an
Ø Melaporkan hasil kerja panitia penyempurnaan dan penggandaan mushaf
al-Qur’an dan pendistribusiannya ke kota-kota besar
dst
|
No comments:
Post a Comment