Thursday 7 November 2019

Ada Kebaikan Dalam Ujian, Ikhlas dan Sabar


Jam tangan , merk tertentu tidak terlalu mahal, gelang sudah tidak original. Tak sengaja terlempar dan terbanting. Jarum detik tak bergerak, seperti biasa mencoba  menormalkan dengan memutar pengatur jarum, tetap mati. Bismillah, akhirnya memukul-mukulkan jam tangan  ke meja. Alhamdulillah jarum detik kembali bergerak. Dan berputar normal, tepat waktu.

Mungkin seperti itu juga dalam kehidupan, terkadang ada ujian, ada cobaan, butuh ujian lagi, ujian yang terasa menyakitkan, namun dengan keyakinan semua bisa diselesaikan. Hadapi dengan kesabaran dan keikhlasan

Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu. Dan (juga) kamu sungguh-sungguh akan mendengar dari orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang banyak yang menyakitkan hati. Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan. (QS Ali Imran 186).

Sungguh menakjubkan perkaranya orang mukmin. Segala sesuatu yang terjadi padanya semua merupakan kebaikan. Ini terjadi hanya pada orang mukmin. Jika mendapat sesuatu yang menyenangkan dia bersyukur, maka itu kebaikan baginya. Jika mendapat keburukan dia bersabar, maka itu juga kebaikan baginya“ (H.R Muslim).

Btw, ketika memukul jam tangan ke meja, sudah pasrah jika memang sudah tak bisa digunakan. Jika sempat membawa ke tukang servis dan berharap ada rejeki untuk membeli yang baru. Namun Alhamdulillah, rezeki tak kan kemana, masih bisa dipakai.




No comments:

Post a Comment