Sunday 6 January 2019

Catatan awal tahun 1 : Semangatmu Menyemangatiku

Sumber gambar : Anwariz.com

Akhir tahun 2018 yang luar biasa, Desember diawali sebuah agenda yang spektakuler, meski tak mengikuti langsung namun ikut merasakan suasana yang mengharu biru. 2 Desember, reuni 212, aksi bela tauhid. Lautan panji Rasulullah membanjiri Monas dan sekitarnya. Setelah setahun upaya mengenalkan panji Rasulullah banyak mengalami kendala, namun rencana Allah memang yang terbaik. Kegagalan bukan berarti akhir segalanya, namun ada jalan keberhasilan di depan mata yang sedikit tertunda. Persatuan umat pun semakin terajut. Berkumpulnya jutaan umat Islam tanpa sedikitpun keributan menjadi bukti bahwa Islam itu damai, umat Islam itu bukan pembuat masalah.

Dan akhir Desember 2018, aksi bela Uighur semakin menguatkan ukhuwah. Kesadaran bahwa ada kewajiban membela nasib saudara seakidah semakin membuncah, kesadaran akan butuhnya kekuatan pemersatu umat semakin menguat. Meski diiringi dengan persekusi dan kriminalisasi oleh rezim yang semakin menjadi, langkah membela umat Islam sedikitpun tidak surut.

Dan lagi-lagi memang tak langsung mengikuti, namun Alhamdulillah masih bisa memantau kabar beritanya, mengikuti informasi yang dibagi para saksi mata. Selain menjadi tahu, juga bersyukur masih banyak menjumpai teman yang meski tak berjumpa di dunia nyata, yang meski berpisah sekian lama, mereka masih istiqamah di jalan dakwah, masih istiqamah di jalan membela syariah. Dan semuanya mengikuti dan membagi informasi dengan semangatnya, bersama peserta lainnya. Bahagia itu melihat teman selalu istiqamah dalam kebaikan.

Lain lagi, mengikuti sebuah acara, atau bersama dalam forum dihadiri langsung oleh orang-orang yang penuh semangat, memberi nasehat dan motivasi, atau bahkan mengisi apapun itu dan yang menjadi peserta semangatnya sangat luar biasa, menjadi peristiwa yang sangat istimewa, semangat orang lain yang juga membuat diri ini semangat.
Di sinilah pentingnya bersama atau berteman dengan orang yang istiqamah, selalu bersama dengan orang yang semangat, secara tidak langsung akan membuat kita untuk juga bertahan dalam semangat. Maka jangan menyepelekan sebuah semangat, jangan mencibir orang yang selalu terus bersemangat meski kadang belum mengantarkan pada hasil terbaik, ketangguhannya menjaga semangat merupakan prestasi tersendiri. Dan begitu pula dengan diri kita, jagalah semangat, karena bisa jadi semangat kita akan menyemati orang lain.

Jadi kata kunci di awal tahun ini : Semangat
Semoga bisa istiqamah dalam kebaikan, semangat dalam kebaikan, meski hidup tak lepas dari permasalahan, yakinlah semangat itu pasti ada balasan, ketika semua dijalani dengan keikhlasan.


Pare, 6 Januari 2019

No comments:

Post a Comment