Saturday 4 April 2020

Dari masjid kami berjuang


Suasana masjid Darul Falah saat wabah corona

Tulisan sudah pernah diposting  di sini

Alhamdulilah dalam suasana musibah Corona masjid Darul Falah Tulungrejo Pare tetap mengadakan salat jamaah. Tentu dengan S & K berlaku. Memang tak banyak jamaah, karena masjid yang terletak di pusat kampung inggris sudah tak didatangi para pendatang yang sedang kursus di Pare, mengingat semua kursusan libur.

Sebuah masjid yang bersejarah, menjadi salah satu masjid yang dirintis oleh pasukan Pangeran Diponegoro yang sengaja berpencar menghindari kejaran pasukan Belanda.

Dan di masjid ini pula lahir para pejuang dan perintis kampung inggris. Adalah Ustadz Ahmad Yazid, beliau seorang tokoh ulama yang menguasai ilmu agama sekaligus banyak bahasa. Beliau pula yang menjadi guru Mr. Kalend, pendiri BEC pionir kursusan bahasa Inggris di Pare.

Dari masjid Darul Falah juga terlahir para pejuang, ilmuwan sekaligus politisi.

Siapa pun yang berkunjung ke Pare tidak afdhal jika belum mampir ke masjid Darul Falah.

Dan di masjid ini pula kami menggembleng siswa - siswi. Praktik latihan wudhu, salat hingga melaksanakan salat jamaah juga berbagai aktivitas lainnya. Memang tak semua anak bisa nyaman dan tenang di masjid. Kadang mereka berlarian, berkejaran, berguling-guling dan sebagainya. Tidak masalah, selama bisa menjaga diri, menjaga kebersihan dan kesucian masjid. Selama tidak ada kegiatan di masjid, siswa bebas masuk masjid.

Di masjid kami mengajarkan ibadah dan adab. Mengajarkan berbagai ilmu dan menyampaikan nasihat. Dengan harapan mereka kelak menjadi anak yang saleh, berguna bagi sesama manusia, agama dan bangsa.

Di masjid siswa belajar berjamaah, peduli dengan sesama, tampil saat giliran pidato, hingga sesekali menjadi tempat terlaksananya sanksi. Diam di masjid, membaca Al Qur'an, dzikir dan wirid. Tidak boleh beranjak dari masjid tanpa ijin. Tinggal  dipantau dari cctv.

Insya allah saat masuk nanti masjid Darul Falah akan ramai kembali, siap melahirkan generasi saleh.

Generasi pejuang penerus masa depan bangsa. Aamiin

Yang mau gabung di MI Al Hidayah YPSM silakan daftar di sini : http://bit.ly/daftarmialhidayahypsm



No comments:

Post a Comment