Tuesday 19 March 2019

Reportase Peringatan Isra’ Mi’raj : Pengumuman – Mode Pesawat

Sumber gambar :didno76.com




Reportase sebelumnya ada di tulisan : Pengumuman - Bahasa Arab
Rencana tulisan reportase ini adalah :
Pembukaan
Pengumuman
Pembacaan Alquran
Sambutan
Materi
Kreasi
Serba-serbi

Setelah beberapak ali menyapa peserta dan memberikan pengantar, pembawa acara mempersilakan perwakilan dari Tim Media untuk memberi pengumuman dan arahan.

Sebelum dimulai semua peserta diminta untuk mengatur HP yang dibawa menjadi mode pesawat. Maka secara otomatis koneksi dan jaringan tidak aktif. Peserta dihimbau untuk hanya mengambil foto saja, menyimpan dulu. Tidak terburu untuk diunggah ke media social. Tujuannya apa ? Insya Allah ada di reportase  tentang serba-serbi. Dan pengauran mode pesawat pun tidak sampai pada akhir acara, hanya sementara.

Begitulah, ketika pembawa acara membuka acara dengan salam, yang memegang HP hanya sebatas mengambil foto, tidak lebih.

Sekali lagi terasa nyaman berada dalam forum dengan HP tidak terkoneksi dengan internet. Hampir semua peserta memanfaatkan kesempatan untuk serius mengikuti acara, sambil sesekali mengabadikan peristiwa istimewa.

Jika HP tetap  terkoneksi dengan internet bisa jadi akan ada peserta  tidak  tahan untuk update status atau story. Sedikit-sedikit upload foto, sedikit-sedikit update status, atau ngecek ada yang like tidak, atau balas komentar. Atau malah ada yang bosan dengan acara akhirnya berselancar di dunia maya. Dan  bisa jadi mengurangi konsentrasi mengikuti rangkaian acara. Dan hanya berbagi bicara dengan teman di dekatnya, bukan malah sibuk dengan HP masing-masing.

Memang Allah memberi manusia naluri atau  gharizah, salah satunya adalah  gharizah baqa’. Yaitu naluri untuk menunujukkan eksistensi dirinya kepada dunia. Dan salah satu perwujudannya adalah memberitahukan aktivitasnya kepada orang lain. Memang tidak selalu berakhir dengan maksud pamer, ada banyak latar belakang orang menginfokan apa yang dia lakukan di media social. Ini adalah perkara yang alami. Namun baru menjadi masalah ketika tidak bisa memilah kapan dan apa yang akan dibagi.

Tentang berbagi di media social, mengingatkan diri sendiri lagi, menata hati, meniatkan agar tidak terjerumus pada amalan sia-sia, terbersit niat untuk pamer. Semoga terhindar dari hal yang demikian. Bagaimanapun juga semua aktivitas kita di dunia akan dimintai pertanggungjawabkan di akhirat kelak, dan pasti ada malaikat yang sudah mencatat. Jadi tidak semua hal bisa kita bagi di media social, pilah apa yang akan dibagi, berpikir ulang akankan mendatangkan kemaslahatan, atau malah mengakibatkan kemudharatan. Benarkah ikhlas untuk kebaikan atau hanya sekadar memuaskan keinginan.

Tentang sibuk dengan media social, pertimbangkan waktu yang digunakan. Jangan sampai aktif di media social namun lupa untuk bersosialisasi dengan orang di sekitar. Jangan sampai sering berbagai di media social namun orang di dekatnya terabaikan.

Jadi, tak masalah sesekali menikmati waktu  saat beragenda tanpa koneksi internet, tanpa update status tanpa sedikit-sedikit upload kegiatan, apapun di upload tanpa berpikir dampaknya.

Dan semoga kita menjadi bagian dari orang-orang yang senantiasa berbagi dalam kebaikan. Memanfaatkan sarana yang ada untuk semakin meningkatkan takwa, menyebar opini dakwah di dunia maya dan dunia nyata. Menyampaikan kepada dunia tentang Islam, syariah dan khilafah. Menjadi pejuang khilafah yang akan menerapkah islam kaffah dan menjadikan islam sebagai berkah untuk seluruh penjuru dunia. Aamiin


Pare, 19  Maret 2019

1 comment:

  1. JADIKAN AGEN KAMI MENJADI FAVORIT ANDA ,
    AYOO BERGABUNG BERSAMA RIBUAN MEMBER KAMI YANG LAINNYA
    HANYA DI HTTP :// WWW.ARENA-DOMINO.COM
    BONUS ROLLINGAN TERBESAR 0,3 % SETIAP MINGGUNYA .

    ReplyDelete