Thursday 12 July 2018

Diet, Sabarlah!


Masalah berat badan kadang jadi hal yang sensitif bagi wanita. Pernyataan-pernyataan berikut terkadang rasanya bagaimana gitu...bikin sensi dech, jadi sedikit jaga perasaan ya :
Wah..tambah gemuk sekarang
Astaghfirullah tambah melar aja
Tambah subur dech
Aduuh pipinya tambah tembem
Sekarang tambah makmur ya
Yang bikin pusing itu kalo sudah nikah gemuk dikritik kurus dibilang tak terurus. Lha terus maunya bagaimana?



Sudah, tak perlu dipikir hingga stress. Nikmati saja, yang penting sehat, energik, mobilitas lincah mau gemuk atau kurus silakan.

Tapi bukan berarti makan tanpa kendali atau diet hingga menyiksa diri. Tetaplah proporsional, tetaplah berpikir jernih, jangan semata makan menuruti hawa nafsu.

Untuk diet, bukan berarti anti dengan makanan tertentu. Tidak, diet semata untuk mengatur asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh disesuailan dengan kebutuhan dan kondisi tubuh.

Pernah mengatur menu diet kolesterol, rendah garam dan kalium. Secara umum tidak ada pantangan dengan makanan tertentu, boleh-boleh saja makan apa saja, yang penting tidak berlebihan. Diatur sesuai dengan kebutuhan, kebutuhan kalori atau protein bagi lansia dengan anak kecil tentu berbeda namun keduanya tetap dibutuhkan. Jadi diet lebih bermakna menyesuaikan, bukan sama sekali meninggalkan.

Untuk usia produktif yang aktif bekerja, dengan kondisi keuangan mapan terkadang makan menjadi hal yang tak terkontrol, maunya yang enak, cepat, instant. Apalagi makan di luar (warung, restoran, ada acara) bisa jadi tak terasa makan berlebihan. Untuk usia di atas 30 tahun harus pandai-pandai mengatur makanan yang hendak dikonsumsi, tidak hanya menuruti apa yang disukai, antipati dengan yang tidak disuka. Sebisa mungkin makan makanan seimbang, terus mengingat, makan adalah aktivitas, yang akan dimintai pertanggungjawaban juga.

Yang sudah langsing tetap menjaga kesehatan, untuk yang gemuk pastikan fungsi  organ tubuh tak terhambat, imbangi dengan pengeluaran energi.

Jadi, kurus alhamdulillah, gemuk juga woles saja.

Gambarnya buat lucu-lucuan saja ya sis, ga usah dipikirin.

No comments:

Post a Comment