Saturday 28 February 2015

Mengkaji Bab Hadlarah Islam


Bulan ini banyak sekali mengunduh file-file dari internet. Tentang bahasa, teknologi, sains dan lain sebagainya. Jika yang memposting adalah muslim, sungguh akan menjadi amal jariyah. Begitu pula dengan orang yang membuat semuanya terasa begitu mudah, mereka telah memfasilitasi banyak orang mendapatkan banyak hal. Dan bisa jadi banyak nonmuslim barat bahkan Yahudi yang menguasai.

Jika tak jeli memilah, akan terjebak pada beberapa kubu. Kubu yang membebaskan mengambil semua apa yang berasal dari barat (pengemban ideology kapitalisme) apa pun boleh diambil tanpa pandang bulu. Ada pula yang mengharamkan apa pun yang berasal dari barat apalagi jika berhubungan dengan Yahudi.

Alhamdulillah tidak terjebak pada dua kubu tersebut, karena bisa membedakan mana yang boleh diambil dan mana yang tidak.

Alhamdulillah sudah pernah mengkaji Bab Hadlarah Islam. Salah satu bab dalam kitab Nidzamul Islam. Kitab yang luar biasa, setiap babnya mempunyai tujuan pembahasan dan target tertentu. Memang memerlukan kesabaran. Tak perlu risau dengan tuduhan mendewakan akal, ingkar hadits ahad, kering ruhani, hanya ngajari omong doank, pusing tujuh keliling ketika mempelajari bab Al  Qiyadatu al fikriyatu fii al Islam. Sabar dan nikmati saja. 

#YukNgaji

Pare, 28 Februari 2015

No comments:

Post a Comment