Sunday 13 August 2017

Afwan anti bukan Jamilah

6 Januari 2012


“Huh gregeten aku sama temennya suamiku” gerutu seorang mbak.

“ Lho…lho..ada apa to mbak ? “ aku  bertanya.

“ Dari dulu minta tolong, katanya minta dicarikan akhwat calon istri. Dah aku tawari beberapa orang tetep aja menolak dengan alasan yang kurang jelas, eee… kemarin waktu didesak suamiku apa alasannya knp selalu menolak, alasannya sepele  banget “ . Katanya “ afwan saya cari yang  jamilah”.

“Enak men nek ngomong… dikira akhwat ga jamilah itu bisa milih apa . itu kan qodlo… yo wis lah sak karepe… ra bakalan tak golekne “.

“Ooo… ngono to ceritane “ he..he aku hanya bisa tersenyum….

Mari membuka, membaca dan memahami buku SISTEM PERGAULAN DALAM ISLAM BAB PERNIKAHAN, lumayan biar adem, tidak mengkambinghitamkan qadla yang telah ditetapkan Allah, kl memang  tidak jamilah mau gimana lagi. Masak harus ganti ijazah mulai dari TK, trus ganti akte kelahiran, trus njenang abang, tumpengan, kajate : jenengku ganti Jamilah.

Oplas,perawatan ini itu? Pake mahal bingit? Eman banget, masih ada kewajiban yang harusnya diselesaikan, tidak perlu pusing dengan qadla. PeDe aja, meski bukan jamilah.

Mengkaji bab pernikahan tsb ga harus nunggu “calon” ada di depan mata…
Sama seperti ketika kita membahas  ttg  “kematian” ga harus nunggu mati dulu to…?

Yang sudah “praktik “ buat evaluasi diri n ngasih ilmu ke orang lain…
Yang sudah menguasai tp blm “praktik” biar tambah ingat, sabar  dan tinggal mengaplikasikan…

Btw, kalo punya kriteria calon pasangan jamil or jamilah boleh aja, gpp.  Tapi perlu diingat fisik itu tidak abadi, jadikan iman dan taqwa yg utama.



Selamat membaca…^_^
Yang belum punya bukunya silakan inbox saya kirim filenya.
Barakallahufik….

Jamilah=cantik, ayu, bening, beautiful


Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya ( QS : At Tiin [95] : 4)

No comments:

Post a Comment