Saturday 2 August 2014

Kos dan Camp



Di sekitar Desa Tulungrejo dan Pelem, yang dikenal sebagai Kampung Inggris ( karena ada banyak tempat kursus bahasa Inggris) menyebar tempat kos, beberapa diantaranya juga sebagai camp.
Kali ini akan sedikit mengupas perbedaan antara tempat  kos dan camp

Kos
Tidak jauh berbeda dengan tempat kos yang sudah dikenal masyarakat. Siapa pun bisa tinggal di tempat kos yang dikehendaki, tidak ada syarat dan ketentuan khusus.tidak terikat dengan kursusan tertentu, jadi tidak ada syarat jika kursus di tempat A maka juga kos di tempat yang telah ditentukan pihak kursus A. Jadi sangat memungkinkan dalam satu kosan yang tinggal belajar di tempat yang berbeda.

Camp
Sebenarnya juga tempat kos tapi mungkin lebih mirip dengan asrama. Yang tinggal di camp aktivitasnya cenderung homogen. Camp bisa terikat dengan sebuah kursus, misal kursus A mewajibkan orang2 yang kursus ditempatnya untuk tinggal di camp yang telah ditentukan. Camp seperti ini mempunyai program yang masih berkaitan dengan tempat kursus, jadi materi yang dibahas di camp berhubungan dengan materi kursus. Missal di kursusan materi speaking maka di camp juga diberi program speaking dengan tema yang berkaitan. Untuk camp seperti ini maka biayanya satu paket, biaya kursus sekaligus biaya tinggal di camp yang disertai dengan program tambahan. Jadi dari segi biaya, kos lebih murah dari pada camp.

Jenis camp yang kedua adalah camp yang tidak terikat dengan tempat kursus tertentu. Camp seperti ini tidak mensyaratkan orang2 yang tinggal berasal dari satu tempat kursus saja. Bisa jadi yang tinggal berasal dari beberapa tempat kursus dengan program yang tidak sama. Materi program yang diberikan di camp jenis ini tidak berkaitan dengan materi di tempat kursus. Biasanya camp seperti ini programnya lebih umum.

Camp biasanya mempunyai program2 yang bertarget. Lebih sering camp bermunculan ketika bertepatan dengan program liburan. Jadi kejar tayang, kursus sekaligus nge-camp. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi akan disibukkan dengan berbagai macam program. Speaking, grammar, debate, translation, pronunciation, writing   dll, semua di lakukan di camp. Maka sebuah camp biasanya dilengkapi dengan ruang khusus / halaman luas untuk pelaksanaan program. 

Dalam satu camp akan ada minimal satu pendamping, lebih sering teacher di kursusan yang meng-handle, tapi juga tidak menutup kemungkinan bukan teacher, biasanya diambil dari senior yang sudah lulus di kursusan tersebut (mirip dengan asdos). Program camp lebih bersifat aplikatif.
Camp cocok untuk program pendek 1-4 minggu.

Jadi tidak perlu bingung. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan, kalo niatnya kursus biasa dan mau santai-santai (istirahat dg tenang) di tempat tinggal sementara  pilih kos, kalo mau kejar program camp jadi alternative. Di camp terikat dengan program dan aturan camp, misal kalo melanggar aturan ( ngobrol dg bahasa selain Inggris, molor ikut program) ada sanksi yang dikenakan.

Tapi jangan khawatir, jk memilih kos juga tidak menunutup kemungkinan punya komunitas utk ngobrol pake b. inggris kok. Lha satu kosan semua kursus b.ing.

3 comments:

  1. adakah tempat kost yang kondusif untuk putri? barangkali sampeyan tahu,,,dan tempat kursus bahasa inggris yang bagus,,syukron

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya Allah banyak, silakan ke pare dulu untuk survei. belum pernah menguji semua kursusan jadi tidak tau mana yang lebih baik ;), disesuaikan dengan kebutuhan dan lama waktu yang dimiliki. misal jika hanya satu bulan jangan milih BEC karena masa programnya harus 6 bulan. dll

      Delete